Pages

Monday, May 13, 2013

My Running Milestone: MapalaUI Half Marathon

This is my running milestone this year, a goal I set for my self early this year, that I should be able to run in a half-marathon race.  Sekalian uji nyali sih, nantangin diri sendiri, kuat gak saya lari 21K.

I registered in April, and I got only three weeks to prepare for this half-marathon (HM).
Iyaaaa, cuma tiga minggu karena saya rutin lari seminggu 3x, selasa-kamis lari-lari cantik 5-7k di GBK, dan wikennya 12-14k.  Jadi saya ikutin training plan dari runner's world untuk 3 minggu terakhir.  Bismillah aja deh...

I met Barbara Oravetz a week before my first HM.  I still remember every single word she said about running HM for the first time; on readiness, energy gel, and water. 

Sebenernya, saya agak ilpil sama acara ini sejak awal pendaftaran.  Apalagi sempat ricuh waktu race pack collection.  Pikir saya, acara ini gak well prepared.  Saya berusaha maklum, namanya juga mahasiswa yang ngadain...jangan berharap macem-macem deh.

Saya mules-mules dan gugup gak jelas sejak seminggu sebelumnya.  Mana Kiky waktu itu masih belom pasti, ikut apa nggak...karena belum sembuh banget dari batuk.  Tambah gugup deh saya...dan gugup sendirian itu gak enak beneeer...

Tapiiii akhirnya Kiky kasih kabar kalau dia jadi ikut, dan malem sebelum lomba mau nginep di rumah saya.  Yaaay!  Saya ada temen bangun pagi dan berangkat sama-sama ke Depok.

Jam 04 lewat berangkat dari Bintaro, jam 05 kurang sampai kampus UI, langsung parkir di Mesjid UI, buat shalat subuh berjamaah.  Kelar shalat, saya siapin barang yang mau dibawa dalam Spibelt : Gu Gel, kismis, hape berkamera (penting buat foto-fiti), dan uang lima puluh ribu.  Seandainya lomba ini langka hydration point, saya masih punya duit buat beli air di warung (kalau ada warung).  Kalau seandainya saya capek di tengah jalan, dan maluk bareng mobil panitia, saya bisa naik ojek.  Hahaha

Dari mesjid UI, saya dan Kiky jalan kaki ke lokasi start.  Pas kita jalan kaki, Sari dan Tiara kasih kabar, kalau mereka udah di lokasi start!  Horeee... Saya kenalin Sari dan Tiara ke Kiky, terus kami foto fiti sebelum lomba.  Liat dong, tampang ceria kita semua...  Bib ijo yang dipakai Tiara dan Iva buat peserta 10K, dan bib merah yang saya-Kiky-Sari pakai buat 21K.

Tiara-Kiky-Sari-saya-Iva

Oh iya, di lokasi start Kiky ngenalin saya ke Imelda, yang sama-sama mau ikut Bali Marathon.  Cumaaa, Imel daftar untuk full marathon, sedangkan saya daftar untuk 10K aja.  Berasa banget beda levelnya... hahaha  melipir deh saya!  Ngobrol-ngobrol sama Imel, ternyata dia yang pernah share tentang perjalanan menuju full marathon di FB group Indo Runners.  Ceritanya inspiratif banget, dan saya kirim facebook message untuk Imel waktu itu.  Gak dibalas aja lho boo ama dia.. hahaha 

Start-nya molor dari jadwal jam 06:00... pakai acara marching band pula!
Satu kilometer pertama, saya masih lari bareng Imel.  Pelan-pelan saya ketinggalan.  Saya bener-bener lari on my happy pace.  Maksudnya supaya saya bisa irit tenaga dan finish strong.

Menjelang KM10, saya lari bareng mbak Nia Nusjirwan, dan kita saling jadi pacer.  Terus, dia sempat bilang kalo fuel gel-nya udah abis.  Ampun deh! Saya lupa kalau belum re-fueling.  Pantesan saya lemas aja kakaaa...mata mulai kunang-kunang!  Sebungkus gel saya isep pelan-pelan, biar irit.  Kismis dari Kiky juga saya cemil pelan-pelan.  Sungguh terasa bedanya, saya langsung bisa ngebut lagi, sampai akhirnya bisa lihat Imel dan bahkan lewatin Imel di KM17.

Akhirnya, saya finish dengan waktu 2 jam 55 menit, even better than my personal target of 3 hours!  Uhuuuiii.. It was really a satisfying moment for me, to run the distance in a race and got a medal for it...
 
with my medal


Lagi-lagi saya ketemu Aris, orang yang di tahun 2011 berhasil ngajak saya dan Ira untuk mulai lari lagi.  He was quite surprise knowing that I participated for half-marathon category!  Tapi keliatannya dia bangga jugak sih.. hahaha

sama Aris


Terlepas dari huru-hara pendaftaran dan race pack collection, acaranya sendiri berjalan rapi.  Jalur cukup steril, jumlah marshal cukup, air mineral melimpah tapi minuman isotonik nggak ada, marker jarak jelas sampai KM18..setelahnya, wallahualam.. walhasil banyak pelari nyasar dan gak nginjek check point kedua di dekat tenda start... Alhamdulillah saya nggak nyasar.

Capek?  Pasti doong.. tapi masih bisa ketawa-ketiwi buat foto-foto.
Kapok?  nggak kok... pengen lagi cuuuy!  


Imel - Mas Andre - Sari - saya - Mba Nia

sama rombongan BII

11 comments:

  1. ngga kapok ya...
    gw ampe mau nangis pas kehujanan...hahahah seru ya cuy...
    Jakarta marathon Insya Allah bareng lagi HM-nya...mudah2xan bisa dibawah 3 jam deh gw :))

    ReplyDelete
  2. pas ujan gue malah seneng, inget dulu jadul main ujan di luar rumah.. hahaha

    iyaaa, gue gak kapok..tapi panitia BMBM belom balas email gue nih, padahal gue pengen upgrade ke HM dari 10K.

    ReplyDelete
  3. hebat banget mb Nining ...selamat ya sudah melampau target :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha jadi malu #blushing
      Alhamdulillah, Shant.. sempat hujan, jadi gak kepanasan.
      Thank you! Kangen deh sama temen2 MP..

      Delete
  4. Ahahahahaha si Imel ini emang sombong kali pun! Kayaknya setting-an FB gue kalau gak temenan, message gak bisa masuk dehhhh...

    Pelari-pelari kayak gini nih yang katanya Slow Runner tapi ternyata kenceng! Good luck yaw dan jangan lupa BMBM upgrade ke FULL! :d

    See you at Mara River!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw gue emang slow runner yang selalu pose tiap liat tukang potok.. apalagi pacernya mba Nia yang sama2 banci potok.. hahahaha...

      btw, gue udah upgrade HM di BMBM!

      Delete
  5. Replies
    1. kaka Caki ngirik yaaa...kemarin gak ikut! wkwkwkw
      seru lho!

      Delete
  6. Sampe ketemu di BMBM Juni besok yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama amat Juni! Nanti sore pan kita lari-lari lenjeh bareng... :D

      Delete
  7. suka bacanya ning.. maren sempet mampir waktu ada lomba ini di ui, agak siangan sih, udah mikir dalam hati, nining ikutan ini ga sih?
    baca soal bos mu lucu juga ya.. salam ya buat javier.. sehatsehat kan ning, rutin aja periksa 6 bulan lagi..

    ReplyDelete