Pages

Friday, October 30, 2009

[Hajj] Berbagi pengalaman, buat yang ingin berhaji

Seminggu lalu, kloter pertama jamaah haji Indonesia berangkat menuju tanah suci.  Huhuhuhu rasanya, ingiiin sekali berangkat lagi.  Terharu sekali melihat wajah2 sumringah calon jamaah yang akan berangkat memenuhi panggilanNya.

Teringat pengalaman saya setahun yang lalu, ketika saya dan ibunda berangkat untuk menunaikan rukun islam yang ke lima.  Yang pertama untuk saya , dan yang kedua buat ibunda.  Kalo menurut ibu, insya Allah itu untuk menyempurnakan ibadah haji sebelumnya yang beliau jalani berdua Alm. Bapak tahun 2003.  Saya ingin berbagi pengalaman saya sedikit asal muasal saya berangkat haji.  Semoga tidak dianggap riya…dan semoga bisa bermanfaat buat yang membaca.  Amin.

Ya, siapa yang menyangka saya bisa berangkat tahun 2008 padahal saya baru mendaftar bulan July 2007.  Waktu itu, saya cuti dan menemani ibu ke pasar Ciledug.  Entah ada bisikan apa, selesai belanja, kaki ini melangkah ke ruko di dekat pasar Ciledug, saya menuju bank BNI.  Langsung saya menuju customer service dan mengatakan ingin membuka tabungan haji buat saya dan ibu.  Bismillah, saat itu juga saya debit tabungan sejumlah minimal untuk mendapatkan nomer porsi DepAg.  Saat itu saya betul-betul belum tahu, saya akan ikut KBIH apa dan berangkat tahun berapa.

Sampai rumah, ibu langsung nelpon salah satu teman baiknya.  Subhanallah, temen ibu ini ternyata berteman baik dengan seorang kyai, pemilik salah satu KBIH di Cipondoh Tangerang.  Langsung lah suami teman ibu itu nelpon pak Kyai, daftar nama kami berdua, dan bilang terserah mau berangkat kapan saja.  Dua hari kemudian, Alhamdulillah…. Kami ditelpon pak Kyai, yang membawa kabar baik bahwa kami bisa ikut gabung tahun 2008.. dan nomer porsinya akan segera diurus di DepAg.   Adalah tidak menyangka, ketika saya dapat konfirmasi saya itu.  Sujud syukur berulang kali saya sembahkan untuk Allah SWT… karena sekali lagi Dia menunjukkan bahwa ketika saya ikhlas maka hal terbaiklah yang bisa saya dapatkan.

Betul-betul tidak menyangka…  Saya daftar ONH regular, yang kabarnya bisa antri bertahun-tahun untuk berangkat… malahan tidak perlu antri sama sekali.  Banyak yang menyangka saya gabung dengan ONH plus… Sebelumnya saya pernah ngobrol sama ibu, waktu ngajak beliau naik haji lagi, dan saya tawarkan mau ONH biasa atau plus?  Dengan yakin, ibu menjawab: ONH biasa saja, nikmatnya luar biasa… bisa berada lama di tanah suci.  Ibu juga bilang, kita tidak memiliki keterbatasan waktu kenapa mesti cepat-cepat pulang ke Indonesia.  Yak, masalah waktu adalah salah satu alasan calon jamaah haji plus.  Ibu juga bilang, kelebihan uang (selisih biaya haji plus – ONH regular) bisa dipakai buat memberangkatkan orang lain berhaji.  Masya Allah, ibu…

Entahlah… yang saya rasakan adalah suka cita yang luar biasa…  Karena tanpa target apa-apa, saya malah mendapat hal yang luar biasa.  Betul saya merasakan, ketika Allah sudah mengundang hambaNya untuk datang, maka amatlah mudah jalan yang Dia berikan.  Buat kawan-kawan semua…ketika panggilan itu sudah dirasa, cepatlah setor duit J  berapapun yang dimiliki… Berbaik sangka sama Allah, bahwa Dia akan memberi kemudahan dan kelapangan rejeki … dan pasrah lah…akan waktu keberangkatan yang didapat Allah Maha Tahu yang terbaik buat hambaNya…

11 comments:

  1. Masya Allah... kamu benar ning
    saat Allah sudah mengundang hambaNya untuk datang, apapun itu bisa terjadi
    sekarang tergantung kita sebagai hamba untuk berbaik sangka kepada Allah

    saya juga pengen dan berniat haji bersama dengan ibu....do'akan ya ning :D
    saat ini, itu prioritas utama dalam hidup saya

    ReplyDelete
  2. percaya dgn semua kehendak Allah ya mbak.., setelah menjalani selalu timbul kerinduan untuk kembali...:)

    ReplyDelete
  3. Mrinding Mb, bacanya...thank sor sharing, jadi tambah mantap hati ini unutk segera mendaftar.

    ReplyDelete
  4. Merindiiing. TFS Ning, mudah2an saat itu segera tiba buat gw dan suami, amiin.

    ReplyDelete
  5. TFS Ning, Alhamdulillah aku sama njeng dah buka tabungan haji dengan setoran minimal, mudah2an bisa lancar semua amin.,

    ReplyDelete
  6. TFS ya mbak, betul betul penambah semangatku nih....

    ReplyDelete
  7. Iya ya Mba, ketika kita pasrah, yg terbaik akan datang, hiks hiks hiks... refer to my very own experience :-(

    ReplyDelete
  8. Cepat sekali ya Ning waktu berlalu. Tahu-tahu sudah musim haji lagi....

    ReplyDelete
  9. walaupun belum berhaji, tapi pengalaman nya sama lho mba...kalau yani waktu itu umroh..ga tau tiba2 aja cari2 web umroh yang murah...pas dapet langsung besoknya kasih DP, padahal waktu itu belum ada dananya....alhamdulillah Allah kasih kemudahan dengan dibolehkan menyicil :)

    ReplyDelete
  10. TFS...saya jadi mantap ingin segera buka tabungan haji...

    ReplyDelete
  11. ayo Uni........ bareng2 ngisinya hehheheh

    ReplyDelete