Tuesday, March 13, 2012

Melangsing dengan Sehat

Salah satu resolusi tahun 2012 saya adalah saya ingin lebih langsing dan lebih sehat.  Pemicunya adalah tahun 2011 awal saya sempat diet dengan Herbalife, sukses turun 4 kg selama sebulan, tapi naik lagi bahkan lebih berat dari sebelumnya.  Padahal Herbalife juga gak murah ya.. Bulan Ramadhan 2011, saya juga turun BB kurang lebih 3 kg, tapi balik lagi setelah Ramadhan usai.

Nah, akhir tahun 2011, saya diajak ikut 5K Fun Run oleh teman saya Aris.  Saya gak sangka, masih sanggup jogging, minimal 3 km awal saya berlari.  Hal ini memacu saya untuk paling nggak jogging seminggu 2x.

Terus saya ngobrol2 sama Ira, gimana caranya langsing tapi sehat, dan tidak tergantung dari supplemen diet tertentu.  Kami mulai rajin dengar talkshow dr. Grace Judio-Kahl di Cosmo FM tiap Rabu pagi.  Akhirnya, saya dan Ira mulai komit untuk melangsing sehat, bersama-sama.  Cari teman, supaya lebih semangat dan bisa saling memotivasi.

21 January, kami ke dr. Sisil Indrajaya.  Beliau ini seorang dokter yang juga herbalist, dan akupunkturist.  Awalnya saya ke sana untuk pengobatan alergi.  Tapi rupanya di sana banyak orang yang pengen kurus dengan akupunktur.  Jadi, saya minta timbang BB, dan ketauan klo BMI saya 25.9 saja.  Terus dr. Sisil, kasih tau prinsip karbohidrat, protein, lemak, dan respon tubuh terhadap masing2 komponen.  Mirip lah dengan yang ada di buku dr. Tan Shot Yen.  Sebenernya, gak ada yang sama sekali baru.

Ngobrol sama dr. Sisil, seperti ngobrol sama temen.  Ya, dia treat patient as family.  Kayaknya, ada aja yang diomongin.. hehehe

Berbekal pengetahuan tambahan dari dr. Sisil, saya coba makan lebih sehat dan olah raga lebih rajin.  Lupain dulu karbohidrat putih, makan karbo kompleks secukupnya, perbanyak protein, makan buah2 low GI, makan sayuran sebanyak-banyaknya, dan hindari gorengan.  Saya yakin, temen2 juga udah tau yah.

Setiap pagi, saya mulai dengan sarapan protein.  Telur sudah jadi menu wajib saya.  Bisa mata sapi, omelet, atau orak arik.  Terus, tambah sayuran seperti tomat.  Makan siang di kantor, diusahakan sehat, dan makan malam di rumah -masak sendiri.  Cemilan di antara jam makan? Kadang sayur, kadang buah.  Gak ada lagi kripik atau gorengan.

Pelan tapi pasti, BB saya turun.  Badan saya mulai sakau, kalau tiga hari gak jogging.  Dan sekarang, setelah 7 minggu, BB saya sudah berkurang 4.3 kg, dan BMI saya ada di 24.1, dan lingkar pinggang sudah dibawah 80cm.  Kemajuan Ira bahkan lebih hebat.  Dia udah kurang 7 kg!  Mantap kan...

Semua ini dilakukan hanya dengan mengatur makanan dan perbanyak olah raga.  Bonusnya saya merasa sehat, dan alergi saya gak kambuh lagi.  Mudah bukan!!

Foto yang saya punya cuma close-up, jadi gak gitu keliatan bedanya.

Ini foto waktu ikutan 5K Fun Run bulan Desember 2011, tembem dan menggemaskan:

 

 

 

 

 

 

 

Ini foto saya minggu lalu, eh kenapa gak keliatan beda ya? hihihi Eh tapi bener lho, celana saya sekarang kedodoran semua 

68 comments:

  1. Fitnaaah...gw baru turun 5.8 kg...hihihihi...keliatan tembemnya beda..wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. Semangattttttttt..... yang penting makin sehat ya Ning....

    ReplyDelete
  3. keliatan beda di pipinyaaaa :)
    akhirnya diposting jg resepnyaaaaa

    ReplyDelete
  4. itu kemaren ketemu dikau di rumahnya cekar tuh, dah ku bilang kan dikau kurusan.. toozz sama hidup sehat dan makan sehat.. umur ga bisa nipu deh kalu kitanya makan sehat..
    kemaren baca dimana ya, ada nenek2 yang udah 70an, tapi eh kaya 30an tahun loh.. karena dia makan apa yang dia tanam loh.. mentah2 gitu.. nanam timun, sayur, bayem, dll.. sementara suaminya masih suka daging udah kakekkakek banget..

    ReplyDelete
  5. itu foto atas dan bawah kog ga beda ya? hihihi.. pasang foto bareng kita dong ning yang di rumah cekar? kan dikau yang punya itu..

    ReplyDelete
  6. Ning: boss saya namanya dr. Stephanus Indradjaja...jangan-jangan kenal nih :)

    ReplyDelete
  7. keliatan banget bedanya mb Nining, lebih fresh dan melangsing :)
    itu jilbab hitam motifnya sama dengan punyaku .....hihihi....

    ReplyDelete
  8. Whuaaaaah, keliatan jadi makin imuuuuuuuuuuuuuut :-D

    Mbak, yang dimaksud karbo kompleks itu apa?

    Lalu, buah2an low GI itu, apa?
    Terima kasih sebelumnya :-D

    ReplyDelete
  9. Lalu, Mbak kan tetap terima orderan, naah, kalo ada sisa2 hasil bikin orderan, berarti gak dimakan lagi ya? :-)

    ReplyDelete
  10. iya mbak, bonusnya langsing.. hihihi Amiiinn..

    ReplyDelete
  11. tapi pipinya tetap menggemaskan yah.. hihihi

    ReplyDelete
  12. heibaaaat!!
    lanjutkan buuuuu!!!

    ReplyDelete
  13. iya Ru.. kayaknya karena make-up jg
    btw, yang kemarin kuomongin lewat bbm itu.. April jadinya...
    Bisa?

    ReplyDelete
  14. eh iya...waktu itu foto2 pakai kameraku yah.. nanti kuliat deh mbak

    ReplyDelete
  15. weeee, saya gak kenal..
    mungkin dr. Sisil kenal hehehe

    ReplyDelete
  16. Beda kok. Foto bawah lebih seger.
    Ning dah pernah denger food combining?
    Aku menerapkan food combining, udah beberapa tahun belakangan ini. Dan hasilnya, Alhamdulillah jarang sakit, berat badan naik (padahal dulunya susah naik).
    Food combining tuh menyesuaikan asupan dengan metabolisme tubuh. Gak ada pantangan apa2, cuma mengatur waktu asupan aja.

    ReplyDelete
  17. pipinya keliatan lebih tirus, gak tembem menggenakan lagi!:p

    ReplyDelete
  18. ini ku ikutin sampe sekarang juga kog mbak.. tapi seringnya sih ancur, karbo tetep kucampur dengan protein hihihi.. parah..
    pelanpelan sih pisah makannya..

    ReplyDelete
  19. iya, kamera m.arie kan matot baterenya..
    pasang ya ning.. ga sabar nih..

    ReplyDelete
  20. padahal biasanya klo kurus, mukanya keliatan gak seger.. hihihi
    tosssss...jilbabnya sama... penggemar jilbab Rabbani.. hiohihi

    ReplyDelete
  21. iyaaa keliatan langsingnyaa...*bikiin irii

    ReplyDelete
  22. hahahaha.. enggak disiplin. Tapi emang berat tantangannya.
    kalau disiplin, Insya Allah bisa.

    ReplyDelete
  23. karbo kompleks katanya susunan gulanya kompleks, perlu waktu lama buat dicerna, bisa didapat dari: gandum, biji2an, umbi2an..

    low GI = low glycemic index, maksudnya punya dampak pelan untuk kenaikan gula darah. Disebut rendah kalao GInya dibawah 50. Buah2 yang termasuk low GI misalnya apel, pir, jeruk, berry...

    ReplyDelete
  24. terima orderan.. insya Allah bisa dimanage supaya gak berlebih...
    kalau ada sisa sedikit, gak pernah makan.. udah bosan.. hehehe

    ReplyDelete
  25. buu.. saya terinspirasi dirimu.. hihihi
    makanya tadi bolak balik liat jurnal langsingya ida :))

    ReplyDelete
  26. udah pernah mbak...
    pernah coba juga, sekitar tahun 2008..
    tapi gak dilanjut.. hehehe

    ReplyDelete
  27. iya ga disiplin.. tapi berusaha kog mbak..

    ReplyDelete
  28. kelihatan koq... langsing... hebat hebat!

    ReplyDelete
  29. wah hebat banget emang olah raga jogging itu bagus, sayangnya saya masih berkutat dengan problem kaki jadi sementara ngurangi makan saja...
    saya mencoba herbalife juga gak murah dan gak terlalu kliatan hasilnya... tapi tetep lumayan buat ganjel kalau pas tengah malam lapar... saya sendiri lebih cocok berdiet dengan puasa... kebetulan banyak yang perlu ditirakatin ya mending puasa ajah deh...

    ReplyDelete
  30. Go Nining!! Aku juga dgn ngatur asupan makanan, pola makan, & kemana2 jalan kaki. Baru kelihatan hasilnya setelah 2 thn lebih. Pelan tapi pasti.

    ReplyDelete
  31. seruuu...emang hidup lebih sehat harus dimulai sejak sekarang ya
    mending kontrol makan sekarang, dibanding ntar udah nambah umur, lbh susah kontrol makan :)
    aku sekarang foodcombining plus cardio insanity.. :D

    ReplyDelete
  32. sekalian seri 10 set aja ningnong, habis lari...
    pasti makjosssss turunnya...

    *kabur*

    ReplyDelete
  33. tapi tetap menggemaskan dong, mel? hihihi

    ReplyDelete
  34. ayooo..semua bisa.. murah meriah caranya

    ReplyDelete
  35. thanks, mbak..
    kapan itu aku nyontek resep salad yg diposting di FB hihih

    ReplyDelete
  36. Waaa.. keliatan ya mbak Mer? hihihi Alhamdulillah

    ReplyDelete
  37. nah iya mbak.. klo kakinya udah kena masalah emang agak sulit jogging.. jangan dipaksa mbak... jalan cepet aja...

    ReplyDelete
  38. wkwkwkw ngiri ama elo yg turun 8 kg krn gak pny pembantu.. hihihi

    ReplyDelete
  39. wkwkwkw ngiri ama elo yg turun 8 kg krn gak pny pembantu.. hihihi

    ReplyDelete
  40. Kliatan kok ning...
    Aku sih iri aja gak bisa rajin joging kek kamu. Bukan pengen kurus krn aku dah kurus, cuman pengen sehat dan kuat ajah. Tp so far aku sehat kok, sarapan pagi diusahakan makanan sehat, banyak serat, sedikit karbohidrat...

    ReplyDelete
  41. ae jalan ajah susah... palagi jalan cepet makanya lagi ngelirik sepeda statik...

    ReplyDelete
  42. go go mba nining.... masih kuat lari ga pake ngos ngos an jek :)
    selamat yaa, berhasil langsing

    ReplyDelete
  43. turun BB yang pelan dan pasti itu...gak gampang naik lagi ya shin...

    ReplyDelete
  44. aku cuma jogging atau renang kadang2...
    makannya atur porsi sama kenalin makanan yang 'baik' hihihi

    ReplyDelete
  45. apalagi klo pake didudukin ya, ri..

    ReplyDelete
  46. eh bumil udah cuti ya?
    kapan terakhir ngantor...?

    ReplyDelete
  47. ketegaan banget tuh yang ndudukin hiiiii

    ReplyDelete
  48. hari ini terakhir ke kantor hihihihi

    ReplyDelete
  49. congrats... semoga bisa awet hehehe

    ReplyDelete
  50. nah, aku demen bagian ini mba. aku udah ngerasain diet yoyo...yg sekarang mah, agak lama turun, tapi lbh stabil deh jadinya.
    di kantor ada yg bilang gini: turun 5kg, ntar naik 7kg.
    aku lgs meradang, aku bilang: itu orang lain, bukan gw, jangan sama2in....:P

    ReplyDelete
  51. nyam nyam.. pagi ini aku sarapan orak arik telor dengan wortel, brokoli, dan jamur :))
    endeeesss

    ReplyDelete
  52. ngos-ngosan juga kalo larinya > 10 km/jam hahaha

    ReplyDelete
  53. Oooh...
    Hihihi, jadi bisa dibagi-bagiin ke tetangga ya, Mbak :-D

    Makasih sudah jawab pertanyaanku :-)

    ReplyDelete
  54. Eh muka dikau lebih seger pas yang ikut 5K lho..

    ReplyDelete
  55. Lho kalo dikau percaya inner beauty tentu lebih pede tanpa bedak tebal dong ? wakakakak

    ReplyDelete