Monday, May 31, 2010

[Update] Renov Rumah Emak Minggu ke-2

Renovasi rumah emak, dimulai pada tanggal 13 May.  Hmmm, sebenarnya tidak tepat dibilang renovasi.  Lebih tepat dibilang bangun baru.  Karena bangunan lama nyaris tidak bersisa.  Buat pondasi baru, ganti kusen-kusen lama, saniter, meninggikan level lantai, dll.

Renovasi rumah emak sudah memasuki minggu ke-dua.  Alhamdulillah, lebih cepat dari jadwal.  Mungkin hal ini karena saya pakai sistem borongan.  Oiya, saya borong tukang saja.  Jadi kalau pekerjaan selesai lebih cepat, tukang akan lebih untung.

Saya pakai jasa 'konsultan' proyek, dengan sistem cost & fee.  Konsultan ini, saya panggil Engkong, konsultan teknik, material, juga harga.  Setiap hari, mengawasi proyek rumah bersama mandor, juga melakukan pembukuan dan cost controller.

Engkong tidak mau memborong proyek ini secara penuh.  Kenapa?  Karena beliau ingin saya ikut terlibat dalam pemilihan material.  Dan memang, cara ini lebih memuaskan.  Saya bisa cari-cari barang yang saya suka dengan harga lebih ekonomis.  Kalau diborong penuh, selain berisiko tinggi karena harga material yang naiknya tidak masuk akal, saya juga harus mengikuti spek sesuai perjanjian awal.  Nah, harga yang ada dalam spek itu adalah harga di price list resmi.  Selisih harga, itulah keuntungan si kontraktor.  Begitu juga sebaliknya.. kalau ada kenaikan harga, kontraktor itulah yang menanggung resiko.  Niat Engkong di sini, adalah membantu saya.  Alhamdulillah... Juga supaya saya bisa belajar, mana tau saya ada rejeki lagi buat membangun rumah berikutnya. Amin

Karena Engkong, saya dapat barang-barang bagus dengan harga bagus.  Strategi yang Engkong pakai adalah mengikat harga di toko material.  Saya deposit sejumlah uang, kemudian pesan material seperti: pasir, semen, bata, kerikil, besi, kayu, baja ringan, dll  Dengan demikian, apabila ada kenaikan harga...saya selamat.  Enaknya lagi, material tersebut bisa titip simpan di toko sampai tiba waktu pemakaian.  Jadi kami tidak pusing memikirkan tempat penyimpanan.

Seminggu berjalan, saya sudah pesan kusen pintu dan jendela.  Macam-macam pilihan model dan bahannya.  Insya Allah, saya ketemu penjual yang jujur sehingga saya bisa dapat kusen kayu sesuai keinginan.

Minggu lalu, kami pergi beli keramik di daerah Pasar Minggu.  Toko ini, langganan Engkong sejak dulu.  Barang bagus, harga ekonomis....hahaha demen deh gue!  Bisa 20% off dari price list.  Di sini saya beli keramik untuk lantai (dalam rumah, kamar mandi, teras, carport, dan dapur), dinding (kamar mandi dan dapur), meja dapur, dan tangga.  Warna dan coraknya beda-beda tapi masih dalam satu tone. Kloset dan wastafel, saya beli di toko itu juga.  Best offer deh pokoknya...

Dari sana, saya meluncur ke Pasar Kenari buat beli handel pintu, engsel, hak angin, kran, kabel listrik, lampu.  Mata saya memang tau banget barang bagus.  Sampai di sebuah toko, belum tanya harga, belum duduk, saya sudah tau yang mana gagang pintu pilihan saya.  Begitu tanya harga, jantung ini rasanya mau copot.  Can you imagine, sebuah gagang pintu + kunci dari stainless steel dengan corak sederhana tapi tidak minimalis, harganya 400rb/buah.  Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya.  Dan di rumah saya nanti ada 5 pintu selain pintu utama (atas bawah, pintu ganda) dan pintu geser (sekat dapur dengan ruang tengah).  Pintu utama sendiri atas bawah saya buat berdaun ganda, jadi akan perlu 4 set gagang + 2 set kunci).  Nah, gagang pintu ganda ini harganya lebih ajaib lagi, 800rb/set... nah silakan kali 4 deh *tepok-tepok jidat sendiri*  Kuncinya, saya beli yang sistem komputer (kata yang jual) jadi anak kunci tidak bisa digandakan sendiri. 

Terus saya pilih-pilih kran untuk kamar mandi, wastafel, dapur, dan taman.  Masing-masing model disesuaikan fungsi.  Cakep deh...

Semua harga di atas belom ditawar ya... Jangan ragu-ragu untuk tawar menawar di Pasar Kenari.  Mulai dari 20% di bawah harga yang ditawarkan.  Lumayan lho, penghematan yang bisa dilakukan.

Oiya, saya belum sempat beli barang2 listrik karena waktunya tidak cukup.  Huhuhuhu saya kelamaan 'nongkrong' di toko pertama.

Kenapa saya udah belanja barang-barang itu padahal rumah masih tahap pembangunan struktur?  Karena saya mau antisipasi harga barang naik.  Kabarnya menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, segala material dan pernak-pernik rumah ikutan naik harga.

Yo wis gitu aja updatenya.  Di bawah ini ada foto rumah sebelum dibongkar dan 2 minggu sesudahnya.

Tampak muka, pintu pagar miring dan talang melendut:

Dapur yang belang belonteng:

Ruang tengah yang sudah terlihat kusam:

Berikut ini gambar tampak muka rumah yang sedang dirobohkan... hancur lebuuur

Kalau ada yang perlu alamat atau nomer telpon toko bahan bangunan, keramik, saniter, dll, hubungi saya... Biar kita dapat barang bagus dan harga murah sama-sama..  

41 comments:

  1. mba ning, selamat ya u/ renov rumah nya.... perkara renov or bangun rumah emang bikin bulu kuduk merinding, hehe....
    btw sekedar masukan ya mba, kalo aku dan suami rajin bgt visit ke mitra 10, liat2 barang yang bagus, catat model dan cek harga, trus survey ke matrial, kadang di mitra10 masalh harga bisa lebih murah loh...
    pengalamanku dulu beli keramik pesan, cek ke seluruh mitra 10, adanya di mitra 10 kalilanag, deposit uang u/ keramik, seminggu kemudian barang dikirim, ini pun untung2an loh, kadang di mitra 10 sering sale barang, nah kalo aps untung bisa dapet harga yang jauh lbh murah dibanding toko

    sama, aku juga beli engsel pintu di kenari jaya, aku pake paloma mba, knp aku beli itu, krn merk ini kualitas bagus harga ga terlalu mahal ga murah juga, middle mba, waktu aku beli pas bgt lagi discount, dan pas cek dengan mitra 10 dan toko matrial emang yg dibeli di kenari jauh lebih murah..

    u/ wetafel dapur dan kamar mandi plus kloset aku juga pesan langsung ke toto mba.. nah harga di toko matrial jauh lebih murah dibanding mitra 10, aku sampe survey an keliling nih mba..

    u/ keramik aku juga beli di depok, nah ternyata dia buka jg di pasar minggu, emang lebih murah dibanding toko matrial di sekitarnya.

    terakhir u/ cat, pengalamanku sampe 3x beli sampe akhirnya yakin yang ke 3 baru yakin sama warna yg dicari, nah.. hati2 mba kalo pilih warna karena warna di katalog yg katanya sama ternyata pas diaplikasiin ke tembok beda loh, model cat sekarang kan di oplos ya mba, nah beli cat yang sekalian bagus, pilihan kami jatuh pada dulux, karena pengalaman pake dulux sblmnya emang awet, harga ga booingin mba, karena kualitas dulux emang bagus dan penyebaran warnanya jauh lebih irit dibanding merk lain yg emang beli awalnya murah tapi pas dipake malah jadi boros.

    selamat membangun ya mba ning...

    ReplyDelete
  2. Selamat membangun! Ikut senaaang!

    ReplyDelete
  3. makasih banged penjelasannya....berguna juga kapan2 mo merenov rmh....

    ReplyDelete
  4. maksih tips n triknya.. ningnong ajak2 ya kalo mo hunting ;)

    ReplyDelete
  5. beruntung banget mbak nining dapet si engkong yg baek hati plus jujur....dulu aku dapet pemborong nakal padahal sodara sendiri lho...gubraks deh hasilnya ...baru setaun bocor sana sini hikssss

    ReplyDelete
  6. foto foto lagi yg banyaaaaaaak!

    ReplyDelete
  7. makasih update annya mbak ning..., suatu saat kl merenov..udah ada gambaran..:)

    ReplyDelete
  8. huaaaa....gue telat dong dapet infonya...
    yaa smoga gue ada rejeki lagi buat ningkatin ya ning...
    ammiiin....

    ReplyDelete
  9. mba ning..boleh tau toko keramik yg dipasar minggu?

    ReplyDelete
  10. inget waktu rumah dibongkar th 2003 (sejak ditempati th 1980 baru direnov thn 2003). seneng banget kalo diajak jalan2 ke depo di kalimalang....*padahal ga punya duit* wakakakak

    semoga lancar jaya sampe selesai pembangunannya deh mbak.....renov rumah suka bikin pusing tujuh keliling, apalagi kalo dananya gitu deh :D

    ReplyDelete
  11. ikutan ga sabar lihat rumah barunya nie :p

    ReplyDelete
  12. mau nunggu sampai selesai...:D

    ReplyDelete
  13. waktu aku renov rumah, mitra10 jadi tujuan satronan tiap minggu. kadang malah ada barang yang lebih murah dari toko bangunan. btw, setelah selesai ni, keknya bakal ada konsultan bangunan baru xixixixi

    ReplyDelete
  14. Selamat mbangun rumah Ning...sukses ya...

    Oh ya, Ning aku bikin muffin pake resepnya Nining. Sudah aku posting. Menurut kami enak.....makasih ya Ning....

    ReplyDelete
  15. Met hunting yach Ning... beruntung deh bisa kenal si Engkong.
    Dulu aku hunting nyari-nyari sendiri.. beneran capek menguras energi dan kantong.. hehehe. Harga emang bisa mengejutkan.. yang mahal itu handle pintu, kunci, closet, washtafel.
    Mudah-mudahan semua lancar ya Ning :)

    ReplyDelete
  16. Wah beneran bedah rumah ya Ning.
    Jangan lupa sekalian beli water heater yg pake gas aja menurut saya lebih hemat.

    ReplyDelete
  17. Dizna, makasih infonya yang detail... bermanfaat sekali...
    yang belum terbeli cuma tinggal cat & perlengkapan listrik...
    belum sempat kelilingan lagi... :-)

    ReplyDelete
  18. Thanks, Tante.. doanya yah, biar lancar selalu..

    ReplyDelete
  19. iya mbak.. seru lho renov rumah sendiri...

    ReplyDelete
  20. yuk... tinggal cari cat & alat2 listrik kok..
    lainnya udah dapet... tinggal dikirim..

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah, si Engkong mau bantuin.. emang mesti hati2 cari pemborong mbak...

    ReplyDelete
  22. menyusul 2 minggu lagi... aku akan buat updatenya per 2 minggu :)

    ReplyDelete
  23. amin amin... nanti klo mau renov, kasih tau ya... aku infoin tempat barang2 murah dan bagus..

    ReplyDelete
  24. heheheh iyah... ini lagi pegang dompet kuat2...supaya gak jajan mulu..

    ReplyDelete
  25. iyah.. nanti main ke sana yah... btw, masih minat belajar ayam kodok gak?rumah yang ku tempatin sekarang luas bgt...enak buat dipakai belajar

    ReplyDelete
  26. hehehe iya mbak.. aku jg tidak sabar

    ReplyDelete
  27. nah ini yang tidak terjadi padaku... harga2 di mitra10 utk barang2 yg kucari, masih lebih mahal... jadi begitu ada waktu jalan ke psr kenari & toko keramik, langsung beli deh..

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah.. seneng klo cocok mbak..

    ReplyDelete
  29. barang2 tsb sudah diamankan, wel.. gue udah beli.. kabarnya menjelang bulan puasa, harga akan naik.. hehehe

    ReplyDelete
  30. hehehe kebetulan bukan penggemar mandi air panas mbak... jadi belum perlu water heater... tapi, betul kok.. pemanas gas lebih irit dari pada listrik

    ReplyDelete
  31. teacher, semoga lancar jaya terusss yaa ..
    salam untuk bu haji soer ^_^

    ReplyDelete
  32. Ning, waktu aku renov rumah jg tiap minggu mainnya ke Depo, BJ Home, tukang kitchen set, dll hihihi sama Ning, aku dulu jg borong tukang aja, spek material kita sendiri yg milih. Jadinya emang lebih puas :)

    ReplyDelete
  33. Menyimak.... Soalnya sdh lama bgt nggak nguli :p

    ReplyDelete
  34. Mbak Ning.. ntar kalo udah jadi aku rasanya paling penasaran ama penampakan dapurnya tk kue yg ngebul terus niii.. ntar fotoin yg detail yaaa... trus update lagi beli2nya dimana lagi hihihi.. ^_^

    ReplyDelete
  35. Persis seperti aku lakukan dulu Ning. Kalo aku beli kloset langsung di Toto. Jadi sekarang kalo ada masalah tinggal panggil teknisi Toto sambil nyebut nomer orderan waktu dulu beli.
    Ning, ntar kalo sudah pasang pemipaan difoto deh. Jadi kalo tiba-tiba ada masalah tersumbat, udah tau jalurnya. Walaupun di gambar ada jalur pipa air kotor, tapi mendingan difoto baik pipa air kotor dari kamar mandi diatas, tempat cuci, dapur dsb.

    ReplyDelete
  36. Mbak ning, pas bgt aku juga mau renov rmh, dan kebetulan jg aku tinggal di daerah psr minggu, blh pm toko material yg murah itu gk? Tks bgt ya^^

    ReplyDelete
  37. Toko Indah Keramik Jln Raya Pasar Minggu no. 35A 021 799 4838

    ReplyDelete
  38. Mbak, nama toko keramik di pasar minggu apa? Trus toko handle pinru termasuk sanitary di pasar kenari namanya apa? Makasih ya

    ReplyDelete
  39. @farida: sorry udah lupa nama tokonya. Coba baca di threadnya. Mungkin sempat saya tulis di situ :)

    ReplyDelete