Sunday, January 29, 2012

Belajar Jualan...

Saya belum pernah jualan secara langsung, dalam arti buka lapak, jagain lapak, dan melakukan transaksi langsung dengan pembeli.  Eh pernah dulu sekali saya jual kue potong black forest, waktu kelas 4 SD, ke teman sekelas.  Jadi selama ini, pengalaman jualan yang pernah saya lakukan cuma terbatas lewat email, telpon, atau sms.

Minggu lalu, salah satu pengurus RT bikin pengumuman di BBG bahwa akan ada bazaar di Puri Bintaro tgl 29 January, dan menawarkan siapa saja yang mau berpartisipasi silakan daftar.  Kesempatan ini tidak saya sia-siakan.  Saya dan Ira sewa masing-masing satu meja.  Saya mau jualan kue, dan Ira akan jualan kaos anak-anak. Belakangan saya baru tau, kalau stan bazaar itu dibayarin RT alias gratiiiissss....  Alhamdulillah

Saya jual makanan serba sepuluh ribu.  Sepuluh ribu rupiah, bisa dapat: 3 Eclair Coklat, atau 2 Risoles Daging Asep alias Amris, atau 2 Banana & Cheese Cupcake, atau 1 cupcake cantik.  Makanan-makan itu saya kotakin dulu, ada yang pakai plastik mika dan ada yang pakai kardus.

Alasan saya sebenernya supaya praktis.  Orang datang ke bazaar kan biasanya buat seneng-seneng dan bukan berniat belanja. Jadi saya gak jual yang mahal-mahal.  Terus, kenapa sepuluh ribu? Kalo ini supaya saya gak repot cari kembalian. hehehe

Bazaar mulai jam 06:00.  Sempat was-was karena sejak subuh hujan turun lumayan lebat.  Alhamdulillah, menjelang siang cuaca cerah.  Customer pertama saya adalah tetangga stan yang belum sarapan.  Awalnya, cuma beli risoles dan eclair.  Terus nambah beli cupcake cantik. Hehehe

Bazaar 2

Makin siang, pengunjung makin ramai.  Pelan tapi pasti, dagangan saya berkurang. Lapak sebelah saya, Ira dan kaos-kaos lucunya pun laris manissss....

Saya sempat deg-degan ketika ada calon pembeli datang, lihat-lihat dagangan saya dan komentar: "ih, mahal banget"  Terus saya jelaskan bahwa sepuluh ribu dapat sekian-sekian, eh beliau malah beli banyak. Hihihihi senangnya...

Dua bungkus risoles dan tiga bungkus eclair terakhir dibawa oleh tetanggaku mba Ratih Tohpati.  Terus dia pamit pulang, eeeeh gak lama dia kirim bbm dan bertanya: apa di rumah masih ada persediaan risoles dan eclair?  Dia bilang, kue-kueku dahsyaaat.. Semua enak-enak! 

Alhamdulillaaah, saya gak kapok ikut bazaar.  Saya dapat pengalaman berharga untuk bisa berinteraksi langsung dengan pembeli.  Belajar cara ngadepin pembeli dengan baik, belajar cara cari kembalian dengan cepat, dan belajar untuk tetap senyum walaupun kaki pegel.. hehehe  Jadi, saya udah booking tempat untuk bazaar berikutnya lhoooo....

67 comments:

  1. ih ih.. mauuuuu.....
    *siapin duid buat beli*

    ReplyDelete
  2. saya juga baru pertama juwalan makanan langsung tuh gara2 Iyog mb Ning
    di bazar sekolahan, juwalan hotdog,sandwich goreng sama rujak buah
    pas ludes, rasanya seneng banget, pdhl untungnya dikit ...hihihi

    ReplyDelete
  3. Ya ampuuuun Nining...sempet-sempetnya hehehe
    Kalo saya dari kecil udah dagang di pasar bantuin ortu dagang, apalagi jaman dulu kudu dibungkus koran dulu...repot tapi saya mah udah terampil...soal lipat dan bungkus :))

    ReplyDelete
  4. Ealah, tetanggaan ama Tohpati, ternyata ...

    *melenceng dari topik*

    ReplyDelete
  5. hiiiiy, kereeeen ...

    *menggantikan yang punya lapak dengan ngreply-in comment yang masuk*

    ReplyDelete
  6. oh, saya ada temennya, ternyata ...

    *sesama owner lapak yang menyaru*

    ReplyDelete
  7. Pemikiran sederhana tapi nendang banget.
    Kapan-kapan mo aku aplikasikan kalo pas niat jualan, ah ...
    Kebetulan di Konkuk University, menjelang musim gugur selalu ada Festival.
    Sebutannya ya Fall Festival gitu. Ada istilah Koreanya, sih. Tapi berhubung aku enggak bisa Hangeul, yo wis di-Jowo-in aja.

    Nah, disitu kita juga bisa ng-tek meja.
    Tapi selama ini kok ya enggak kepikiran buat jualan, ya.
    Hmmm, thanks udah menginspirasi, mbaaaa ...

    ReplyDelete
  8. Kalo ini kayaknya aku enggak akan menyanggah.
    Lha wong yang cuma nyontek resep m'Nining di MP aja aku bisa menyimpulkan, "Edaaaaaaaan, milih resepnya jago, euy!"

    ReplyDelete
  9. siapin duit yang banyak yah, terus borong.. :p

    ReplyDelete
  10. lebih seneng lagi kalo untung banyak.. haahahah

    ReplyDelete
  11. nah, mantep nih.. kudu belajar mbungkus sama mba Linda.. kemarin tu aku berasa ribet banget masukin belanjaan ke kantong kresek.. hihihi

    ReplyDelete
  12. mberrrr terbukti dari ayam goreng mentega (http://rirhikyu.multiply.com/reviews/item/6/Ayam_Goreng_Mentega_mba_Ning)
    *melenceng dr kue2 ga ya? hahahahahaha*

    ReplyDelete
  13. klo aku bilang yang penting kepuasan itu biasanya in denial.. capek tapi untung tipiiisss..... huahhahaha

    ReplyDelete
  14. errr...makasih udah bantuin.. hihihi

    ReplyDelete
  15. ho oh, istrinya (mba Ratih) cantik lho... *melenceng jauh*

    ReplyDelete
  16. Dari pada repot-repot mending ajak Nining aja dagang di sana, iya gak Ning :))

    ReplyDelete
  17. makanan. *_*
    apalagi kalo bikin cemilan Indonesia.
    wuiiii, bakal keren kali, ya?

    Hmm, masih cukup banyak waktu buat 'belajar' memasak snack ala Indonesia sampe September 2012, berarti.

    ReplyDelete
  18. paling demen liat cewek mateng tapi (masih) cantik ...

    ReplyDelete
  19. iya....aku juga kalo jualan udah dipak, seharga 5ribu atau 10ribu, biar gak ribet kembaliannya :D tapi di bandung sih, udah dijual segitu, masih ada aja yang ngomentarin mahaaall :(

    ReplyDelete
  20. ku juga ga jualan online ato gimana.. tapi kalu arisan suka dipesen.. sama tetangga juga sodara dan teman.. cape tapi puas..
    pernah sih ikutan bazar, laris manis.. emang kalu kita bikinnya dengan cinta, tapi ada aja jalannya ya.. dari bazar itu ku punya 3 pelanggan yang tetangga, pesennya melulu ayam kodok..

    ReplyDelete
  21. iya 10ribu itu praktis ga pake kembalian.. tapi layak kan dengan hasilnya.. awalnya juga mikir pada mahal, tapi begitu lidah bicara, malah pesen..

    sukses ya ning..

    ReplyDelete
  22. beda sama mangga yah...klo mateng, empuk..

    ReplyDelete
  23. tiket pulang pergi dan akomodasi ditanggung panitia kan?

    ReplyDelete
  24. ho oh, biar makanan indonesia tambah terkenal...

    ReplyDelete
  25. udah lama nih, gak coba2 resep baru.. tantangan yang 12 itupun masih belum ada yg dikerjain... huhuhu

    ReplyDelete
  26. hihihi beda lokasi, beda standar harga yah..

    ReplyDelete
  27. ngikut dunkkkkk *nyamar jd asisten masak*

    ReplyDelete
  28. pasti ngulitin ayamnya cepet bgt nih mba tintin... :))

    ReplyDelete
  29. alhamdulillah, kemarin yang komplen cuma satu itu aja.. heheheh
    abis komplen, malah borong...

    ReplyDelete
  30. iya pake jarijari.. udah pengalaman dah jadinya.. tapi eh ku padahal jarang makan ayam.. :D
    kalu beli pasti buat pesenan..

    ReplyDelete
  31. rekor kulitin ayam kurang dari 5 menit.. :D ayamnya sekilo lebih padahal.. yang penting masih seger..

    ReplyDelete
  32. Asiiiiiiiiiiiik!

    Jadi inget dulu aku jualan di Indonesian Festival di Nottingham, Inggris, Mbak.
    Modal nekat juga, huehehehe :-D

    Ada di salah satu jurnal lamaku :-)

    Duh, jadi kangen pingin jualan lagi.
    Sayangnya, belum tau link bazar di Bandung sini :-D

    ReplyDelete
  33. ayo Vin ....juwalan aja snack indonesia di KBRI, pasti laris manis
    apalagi udah bisa bikin jenang sumsum segala :)
    ditaruh di gelas2 mika tuh pasti pada kesengsem deh

    ReplyDelete
  34. hmm..kapan2 aku mau nyoba juga ah...

    ReplyDelete
  35. coba ya, bazaarnya deket rumah, aku udah borong.....ngeces pengen nyobain eclair sama cheese cupcakenya

    ReplyDelete
  36. Duh gak usah repot belajar kali, cukup panggil Nining, praktis :D
    *ning, kalo perlu asisten bungkus-bungkus saya avail nih kekeke*

    ReplyDelete
  37. Gak heran Ning kalau laris, kue2mu ancen enak kalau dilihat dari foto2nya. Kapan yo aku iso ngincipi olahannya Nining?
    Eh itu tetanggamu istrinya gitaris Tohpati kah?

    ReplyDelete
  38. itu makanya gw juga demen ikutan bazaar di ta...

    ReplyDelete
  39. waaa kereeenn, 1 ayam kurang dari 5 menit...

    ReplyDelete
  40. gimana klo ikutan jualan di Gasibu tiap minggu pagi?
    kan rame tuuu....

    ReplyDelete
  41. bukannya udah mulai jualan di warnet?

    ReplyDelete
  42. waaaa.... coba deket, aku kirimin deh eclair dan cupcake-nya :)

    ReplyDelete
  43. weeee.. foto2 mba Evia terlihat lebih menarik pastinya..

    ReplyDelete
  44. iya mbak, suasananya mirip bazaar di ta tempo hari.. :)

    ReplyDelete
  45. laris manis tanjung kimpul dompet tebel...hehehe

    ReplyDelete
  46. beberapa tahun aku kerjaannya rajin ikutan bazaar tuh ningnong... dari tahun 2001 - 2006, paling seneng emang pas interaksi sama pembeli langsung yaaaaa... sekarang kayaknya belom ada tenaga lagi deh kalo kudu jualan langsung gitu xixiix

    selamat yaaaaa laris manisssss jualannyaaaa

    ReplyDelete
  47. aku ikut dwong ning... mo juwal diri :D

    ReplyDelete
  48. Amiiin.. alhamdulillah.. malamnya langsung ajak ibu dan yanti makan2.. hehehe

    ReplyDelete
  49. nanti tunggu tije lahir dan gede ya bu, baru jualan lagi..

    ReplyDelete
  50. nek ra payu piye? hahahaha pissss...

    ReplyDelete
  51. udah yaaa.... ada bu haji Soer tuuu...

    ReplyDelete
  52. dulu ikut bazar di sekolah anakku
    aku yg jual cupcakes sama cookies hias
    yg lain menu makanan berat
    jelas standku yg didatangin anak2...
    trus ortunya ditodong anak2 utk belanja
    hihihi...sukses beraaatt

    ReplyDelete
  53. beneer..kudu jeli liat target pasar.. hehehe

    ReplyDelete
  54. aku sekarang lagi ngumpulin niat dan tekad buat jualan langsung, seudah lama nyaman jualan via online...belum berani euy :((

    ReplyDelete
  55. Hi hi..jadi ingat masa lalu Ning. Waktu kelas 3 SD aku jualan bakwan. Bikin bakwan sendiri lho. Ini sih jualan main main Ning. Waktu itu ya rasanya senang banget. Setelah itu sampai sekarang gak pernah jualan.

    ReplyDelete
  56. sama, aku jg mbak.. pernah kelas 4 SD jualan blackforest potong ke temen sekolah.. padahal itu bekal dari ibu, buat dimakan sendiri hahaha

    ReplyDelete
  57. Kabari ya Ning, kapan bazar berikutnya hehe...

    ReplyDelete