Thursday, March 1, 2007

Makan Tengkleng di Pasar Klewer - SOLO

Makan siang kami: tengkleng Pasar Klewer!  Membayangkannya saja sudah membuatku ngeces bin ngiler.  Ingin cepat tiba di sana, dan menikmati sepincuk nasi tengkleng yang hangat.


Memutari pasar Klewer 3 kali…


Yang pertama, jam 12:30, si penjual belum datang.  Kami datang terlalu cepat…


Yang kedua, jam 13:00, si penjual sedang menata dagangannya, tapi antrian pembeli sudah panjang.  Kami berputar lagi.


Yang ketiga, jam 13:15.. ppffiiiuuu, akhirnya kami sampai juga!


Hujan tidak kami hiraukan… Banjir juga tidak kami pedulikan… Kami gabung di antrian yang panjang.  Cukup tertib kok antriannya! J


“Ning, kamu mau mata, telinga, atau pipi?” tanya Haley   *hahhhh serem amat!*


“Aku mau iga saja, bisa?” balasku *nyengir mode ON*


Sambil menunggu, aku iseng ambil foto-foto di sana.  Ada seorang ibu yang menutup telinga ketika melihat lampu blitz menyala!  Tapi kenapa suara petir tidak kunjung tiba? 


Akhirnya, sepincuk nasi tengkleng aku terima.  Waaah, selain iga aku dapat bonus telinga!  Rasa keseluruhan gurih, dengan aroma jahe dan kunyit yang dominan.  Sepertinya tanpa santan!  Karena kuahnya encer dan nyaris bening (kuning tapi bening!).  


Dua porsi cukup dengan Rp 15,000 sajo… Uenak tenan!  Gak rugi deh dengan segala usaha yang kami lakukan J

22 comments:

  1. nah itu dia....aku gag berani makannya waktu kami di Solo, ada onderdil yang bikin serem plus kambing....
    secara aku kan dah lama gag mau makan kambing, jadi cuman bau2in aja tuh tengkleng...
    Ning kalau diadaptasi bikin dari sapi kayaknya bisa ya ? kayaknya gule tanpa santan deh resepnya....hanya gag pake daun kunir

    ReplyDelete
  2. hihihii....cukup tengkleng sepincuk? nggak pake nambah baso pasar klewer yang tersohor itu? aku belum makan dua2nya.

    tengkleng nggak tega makan
    baso..belum jodohnya.

    ReplyDelete
  3. setuju mbak... harusnya bisa bikin tengkleng sapi. Bener, gak ada aroma daun kunir sama sekali, gak pake santan, dan pemakaian kunir & jahenya dominan banget... kunirnya jg gak langu, jangan2 dibakar dulu ya... terus, cabe rawit merahnya itu lho! bikin sedep :)

    ReplyDelete
  4. sebenernya pengen nambah lagi, tapi mesti kasih ruang di perut untuk serabi notosuman :)
    bakso pasar klewer? ada ya... hehehe haley gak bilang2 :))

    ReplyDelete
  5. Tengkleng itu apaan sih Mba ? Trus Pasar Klewer tuh dimana ?

    ReplyDelete
  6. Mbak nining, titip daster dong di pasar klewer, ama gudeg,ama serabi, ama apa yah.... hehehe kangen indo nih jadinya

    ReplyDelete
  7. Kata temenku, tengkleng itu gule kere.. hehehe gulai kambing, isinya banyakan jerohan, bumbu minimalis, dan kuahnya tidak bersantan. Pasar klewer itu di Solo, klo di Yogya yang terkenal ka Beringharjo

    ReplyDelete
  8. kekekke ya udah pulang kampung aja :))

    ReplyDelete
  9. jadi pengen ke solo deh....hiks..
    sate kere belakang sriwedari juga top lho mbak.... yummy...

    ReplyDelete
  10. waduh kambing yaaaa.......kbtulan nggak makan..gmn rasa kuping kambing..? hehehe

    ReplyDelete
  11. waaah....mbak Ning....wisata kulinernya menggiurkan deh...serasa nonton acaranya Bondan hihihi...kalo wisata kuliner lagi...ajak-ajak aku dooong :-P

    ReplyDelete
  12. whuaaa kambing ....dah ngga berani maem .... hikss

    ReplyDelete
  13. ha ha... iya seremmm.... gak kolu ngunyahnya kalo aku :)
    tak kirain tengleng itu tetelan daging kambing berserta tulang2nya, aku belum pernah makan sih cuma inget guyonan temen kostku yg sering mbeliin si Monik tengleng (Monik=guk2nya)

    ReplyDelete
  14. waaaaa Haley gak bilang2 kalo ada sate kere... :)

    ReplyDelete
  15. enak... mirip2 tunjang, tapi lebih lembut hehehe

    ReplyDelete
  16. bener nih mau ikut? asyik asyik.. tambah rame :)

    ReplyDelete
  17. walah.. berarti aku & Monik sama2 penggemar tengkleng ya.. hihihihi

    ReplyDelete
  18. Mbakyu, tengkleng itu isinya bukan jerohan. Isinya tulang iga, kaki, pipi, kuping, mata, lidah, tulang sungsum... gitu2 deh. Pokoke sisa-sisa yang gak dibikin sate (daging) dan gak dibikin gulai. Makanya bener klo disebut gule kere, lha memakai bahan sortiran.

    Nah, justru gulai kambing klo disini isinya jerohan macem babat, iso, paru, limpa.. Gitu mbakyuuu...

    ReplyDelete
  19. duuuh..onderdil.. pasti enag he..he..he ..

    ReplyDelete
  20. waaa.. awas yaaa.. aku jadi pengen thengkleng juga nii!

    ReplyDelete