Wednesday, November 7, 2012

Lebih Langsing dan Lebih Sehat

Saya rutin cek up kesehatan (medical check up - MCU) setiap bulan Oktober.  Kenapa Oktober?  Supaya gampang ingatnya, kan saya ulang tahun bulan Oktober :)

Tahun lalu, hasil MCU mengejutkan saya karena total kolesterol 225, BMI saya 27.3. Sedangkan asam urat dan trigliserid normal cenderung rendah.  Ini semua menjadi alarm buat saya, untuk hidup lebih sehat dan menyayangi tubuh sendiri.  Waktu itu saya membayangkan, kalau tubuh saya bisa teriak, mungkin dia sudah menjerit minta tolong untuk diperhatikan.

Desember tahun lalu, titik baliknya.  Seperti pernah saya tulis di sini, saya diajak teman saya ikutan lari 5K. Fun run, tapi saya berhasil masuk finish dengan waktu 40 menit.  Eaaa ternyata saya masih kuat lari, setelah lima tahun berhenti lari sama sekali.  Saya jadi termotivasi untuk rutin berolah raga dan mengatur pola makan saya.

January 2012, saya dan Ira memulai program hidup sehat. Kami sama-sama merasa, untuk bisa mencapai tujuan, harus saling memotivasi.  Mulai dari saling mengingatkan untuk olah raga, makan sehat, dan timbang badan sama-sama.

Sejak itu, saya rutin olah raga seminggu tiga kali.  Selasa dan Kamis latihan dengan PT, dan Sabtu/Minggu lari minimal 5km.  Latihan yang saya lakukan dibawah pengawasan PT adalah kardio, latihan beban, dan circuit training, total 1 jam tiap latihan.  Wohoooo awalnya berasa pengen matiii kecapekan.
Untuk olah raga sendiri, saya pilih lari. Karena lari murah dan bisa dilakukan sendiri, kapan saja dimana saja.  Modalnya cuma sepatu lari yang enak dan nyaman. 

Pola makan yang saya terapkan adalah jauhi karbohidrat jahat, perbanyak protein dan serat, jauhi buah dengan kadar glikemi tinggi.  Mudah kan?  Alhamdulillah saya penggemar sayuran, jadi selama ada sayuran saya tetap bisa makan dengan senang.  Saya dan Ira juga mencoba lebih rajin puasa Senin-Kamis.

Pertengahaan Oktober 2012, saya MCU.  Hasilnya adalaaaah.... total kolesterol saya turun 41 poin menjadi 184, dengan jumlah HDL meningkat. Cihuiii.. saya langsung joget-joget dan telpon ibuk.  BMI saya pun turun menjadi 23.7.  Jadi saya kehilangan total 8 kg.

Hasil lain adalah muka lebih kinclong, jerawat dan alergi menghilang, dan siklus haid saya menjadi lebih teratur.  Sudah selesai kah?  Belum dong, karena saya ingin mempertahankan hasil yang sudah saya capai.  Saya juga ingin ajak teman lain untuk sama-sama hidup lebih sehat. 

Saya masih berteman dengan kue coklat dan es krim, tapi saya sudah bersahabat dengan olah raga dan timbangan.

No comments:

Post a Comment