Friday, July 9, 2010

[Update] Renov Rumah Emak bulan ke-2

Hai hai... sempatin nulis ah, biar sedikit asal produktif..   Pulang nguli tadi malam, saya disambut emak yang membawa papan IMB warna kuning.  Alhamdulillah, IMB resmi keluar juga.  Semua diurus sendiri sama emak, tidak pakai calo.  Menurut emak, prosesnya tidak ribet makanya beliau mau urus sendiri.  Cihui banget deh emak gue

Ada tiga kunjungan yang emak lakukan dalam proses pembuatan IMB ini. Yang pertama untuk menyerahkan berkas-berkas administrasi berupa: surat dari kecamatan, fotokopi IMB lama, fotokopi sertifikat rumah, fotokopi KK + KTP.  Karena gambar yang dibuat Bang Ade sudah memenuhi standar, hari itu juga gambar bangunan baru didaftarkan.  Di proses ini, emak mendapat tanda terima dan surat ijin melakukan proyek.  Kunjungan kedua, setelah dapat konfirmasi dan perincian biaya.  Emak melakukan pembayaran ke Bendahara/Kasir di kantor itu, dan mendapat tanda terima sementara.  Bendahara itulah yang akan menyetorkan duitnya ke bank.  Sewaktu melakukan pembayaran, emak melihat daftar IMB2 yang sedang diproses dan yang sudah selesai.  Alhamdulillah, IMB kami ada didaftar tersebut.  Kunjungan ketiga, untuk mengambil tanda terima pembayaran resmi dan mengambil papan IMB. 

Percaya atau tidak, biaya pembuatan IMB ini tidak sebesar perkiraan sebelumnya.  Pernah saya diskusi dengan mba Linda emak Farhan-Sarah-Saffa.  Waktu itu, saya baru dapat estimasi biaya, yaitu 3.5-4 juta untuk bangunan dengan luas total 160M2.  Ok, baiklah.. duit saya siapkan.  Jadi agak terkejut, sewaktu membaca rincian tanda terimanya.  Biaya yang dikeluarkan tidak lebih 1.6 juta rupiah saja. 

Hari ini, papan kuning sudah terpancang di depan proyek.  Sedangkan proyek sudah berjalan dua bulan lamanya.. hahaha

Update lain adalah saya sudah pilih-pilih genteng, railing tangga, dan model pagar untuk balkon + pagar depan.  Minggu depan, bongkar celengan lagi... belanja kita!! uhuuuiii...

O iyah, ini foto-foto dua minggu yang lalu yah... belum sempat foto2 lagi.

Secara umum, proyek ini lebih cepat dari jadwal.  Jadi saya agak ngos-ngosan juga ngeluarin duitnya.. hahaha  Duit yang udah keluar  project to date ~ banyak lah... hehehe

4 comments:

  1. Alhamdulillah... wah jauh juga bedanya IMB kalo urus sendiri dengan lewat jasa, menurut ibu nya mba ning, birokrasi disananya susah ga ?
    Kmrn bikin IMB utk LT 200m2 kalo ga salah 4 jt an deh
    Ikut mendoakan semoga proyeknya lancar terus sampai selesai rumah yang diinginkan

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, mudah sekali. Prosesnya jelas, dan gak ribet.

    ReplyDelete
  3. sip sip....semoga ngga puyeng yg punya proyek :D

    ReplyDelete
  4. Wuaaah... Ibu jagoan deh, salam untuk Ibu ya Ning...:-)

    ReplyDelete