Tuesday, June 13, 2006

Kumpul2 makan nasi liwet..


Selamat pagi temans.. cerita ini tertunda berhubung ikutan 2 weeks course.


Semua berawal dari posting mbak Ine dan mbak Ez tentang nasi liwet.  Sabtu pagi, anak2 main 'bola', aku pergi ke pasar.  Dipasar, aku lihat daun pisang dan labu jipang bagus dan segar.  Enaknya makan nasi liwet pakai pincuk langsung terbayang.. Apalagi, udah lama ngga kumpul dengan kawan2 baik, yang mayoritas berasal dari Solo kemringet (istilah kita untuk teman2 asal solo, magelang, boyolali, kartosuro).. 


"nanti malam nasi liwet di Petani bawah?", sms dikirim..  Sms balasan segera muncul, yang isinya 90% setuju untuk kumpul2 dan liwetan.. Sayang, Clara & Bangun bermalam di Rumbai, dan balik Minggu sore..jadi ngga bisa ikutan deh..  Next time lah ya.. :)


Turun ke dapur mulai jam 4 sore, dengan bekal resep yang aku contek plek dari tempat mbak Ine.. Thanks banget ya, mbak!


Ide makan nasi liwet ini spontan muncul di saat aku bingung.. duuhh, kok udah lama ya ngga kumpul2 ama teman2 baik.. semua sibuk dengan urusan masing2... aku kangen banget... kapan ya bisa kumpul2 lagi?  Ternyata, ide ini gemilang banget.. kita bisa kumpul sama2, bahagia dan sejahtera...dan kemringet mangan sega liwet :))


Kata Bimo, nasi liwetnya bisa nyaingi nasi liwet Wongso Lemu di Solo..  Menurutku, pujian ini pantesnya ditujukan kepada mbak Ine dan Mbak Ez.. for your inspiration..

33 comments:

  1. Mbak'e dirimu bikin aku ngilerrrrr.....uenak tenan yo nasi liwet...jadi terinspirasi ntar klo pindahan rumah syukurannya nasi liwet aja aahhh.....tengkyu yach.

    ReplyDelete
  2. puuooolll... uenak tenan! ide bagus syukuran-nya makan nasi liwet.. secara kita mungkin udah terlalu sering makan nasi kuning.. :))

    ReplyDelete
  3. monggo... sekeca nggih.. *hehehe bener gak tulisannya?*

    ReplyDelete
  4. Aku boleh ngoreksi jawabannya yang betul gini mbak :"Monggo disakecakaken"

    ReplyDelete
  5. hehehe thanks buat koreksinya ya... maklum, aku kan cuma ngaku2 orang jawa

    ReplyDelete
  6. weh enak tenannnnnn...(sambil nelan ludah)

    ReplyDelete
  7. Ningnong!!!!!
    gak soppppaaannnnn bikin gue ngilerzzzzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  8. mana fotonya udah licin tandas....
    bener2 gak sopppaaannnn...

    ReplyDelete
  9. waduh...ning....aku ini cuma posting resep, karena nasi liwet ini favoritku juga.
    iya...ini berani bersaing ama bu wongso lemu yang suka jual mahal itu.

    ReplyDelete
  10. glekk... sllrrruuppp.. *gitu ya? hehehe*

    ReplyDelete
  11. yeeee, mbak... soalnya aku pengen makan nasi liwet gara2 baca diskusi mbak Ine ama mbak Esther.. terus aku cari2 resepnya.. ealah, resep daur ulang itu bikin sayur jipangnya gurih banget! Btw, kll kata ibunya temenku, kalkulator bu wongso lemu itu udah rusak.. jadi itunganya berantakan..

    ReplyDelete
  12. kalau bu wongso lemu itu beneran lemu gak sih ?
    jualannya dimana ? jadi pengen tau yang asli kayak apa..... belum pernah makan , gara2 lihat MPnya mbak Ine aku jadi belajar bikin.
    Emang nasi yang dibumbu itu jauh lebih nikmat ya ?

    ReplyDelete
  13. masa aku kecil, bu wongso emang lemu. di jalan keprabon Solo, itu banyak yang jual nasi liwet. trus untuk menarik pembeli, namanya di tambahi 'Lemu'
    setelah bu wongso meninggal, anaknya yang menggantikan, meski nggak lemu, tapi nama lemu tetep di pake mbak. jualannya di emperan rumah, pakai tenda dan pembelinya duduk di tikar. Embuh sekarang, itu kesanku hampir 20 tahun lalu

    kalau kita datang naik beca, dihitung pake harga lokal. Kalau naik mobil...apa lagi plat nomor B (jakarta) harganya bisa dua atau tiga kali lipat.

    Jalan2 dah mbak ke solo, rata2 penjual nasi liwet, dasarannya masih sama aja kayak dulu. bedanya dulu pakai lampu teplok, sekarang mungkin dan pakai lampu listrik.

    ReplyDelete
  14. wah iya nih, bapakku solo asli tapi masa iya aku ke solo baru sekali itupun cuman dari airport ke keraton buat disumpahin eh disumpah terus ke airport lagi...
    belum pernah jalan ke solo..

    mbak kita jalan2 ke solo yuuukkk?? aku gak gitu kenal saudara sesepuh disana dan kalaupun ketemu kan harus pake bahasa kromo inggil, kan mending gak usah aja...he hehe

    ReplyDelete
  15. asyik....... aku juga kangen solo dah lama nggak ke sono mbak.

    ReplyDelete
  16. aku terakhir ke solo bulan januari kemarin.. alm. Bapak masih ada.. kita makan nasi liwetnya di Mbak Endang, soale bu wongso lemu bukanya maleman... masih pake lampu petromaks lho mbak... asem2 cekernya juga enakss :)

    ReplyDelete
  17. walah jadi betul2 ngiler nih pengen jalan2 ke solo... wah bener ya Mbak Ine kita jalan ke Solo..., Ning mau ikut juga kalau pas libur ke Jakarta ? syapa tau kan ?

    ReplyDelete
  18. mau lah... mungkin bisa dischedulekan dari sekarang? hehehe

    ReplyDelete
  19. Agustus Ning..., aku baru mudiknya... sekitaran itu deh..week end aja kan mbak Ine juga gawe.. Iya gak mbak????

    ReplyDelete
  20. siiiplah.... ayo ke Solo...sapa mau ikut?

    ReplyDelete
  21. Klo ke Solo akyu ikuttt!!!!!!!! sekalian pulang kampung ke Salatiga donggg..mampir yukssss...di Salatiga wisata kulinernya juga mengundang selera looohhhhhhhh *promosi.com*

    ReplyDelete
  22. ayuk...gabung ya.... ntar kalau udah mau mudiks aku japriin semuanya ya...

    ayukkk syapa lagi.....?????

    ReplyDelete
  23. aku aku aku... *sambil tunjuk tangan*

    ReplyDelete
  24. wah pengeeeeeeeennnnn.......kalo pulang kampung selalu diajak bapak makan nasi liwet didekat stadion, rasane enakkkk....apalagi makannya ama krupuk puli..mauuuuu...krecek oh krecek..

    ReplyDelete
  25. gampang gak ning bikinnya? oh iya, dari mana aja nih dikau? gak kedengeran kabar/i nya.

    ReplyDelete
  26. Insyaallah bulan awal Okt ini mbak...Lebaran dikampung...sudah tradisi tiap tahun hehehhehe.....

    ReplyDelete
  27. abis kurus eh kursus 2 minggu mbak... :) itu bikinnya guampang banget kok.. coba deh!

    ReplyDelete
  28. abis kurus eh kursus 2 minggu mbak... :) itu bikinnya guampang banget kok.. coba deh!

    ReplyDelete