Monday, June 1, 2009

Cerita Liburan - (#3a - Lantau Island: The Big Buddha & Ngong Ping 360)

Hari terakhir di Hongkong, dipakai untuk jalan ke Lantau Island.  Di sana ada the Big Budha (katanya patung Budha terbesar di dunia, terbuat dari perunggu, beratnya setara dengan satu buah pesawat jumbo jet), Po Lin Monastery (kemarin lagi direnovasi, jadi gak masuk), dan ada Disneyland!

Perjalanan menuju Lantau Island, mudah saja.  Naik MTR tujuan Tung Chung, disambung dengan jalan kaki 10 menit menuju terminal kereta gantung (Ngong Ping Cable Car).  Terminal kereta gantungnya rapi dan bersih.  Ada dua jenis kabin yang ditawarkan: reguler dan crystal cabin (glass bottomed cabin).  Saya ambil yang reguler, harga lebih murah dan antrian lebih pendek.  Sekilas mirip kereta gantung di Taman Mini, ataupun di Sentosa Island (Singapore).  Bedanya, yang di Lantau Island ini masih baru jadi keliatan lebih bagus.

Berada di ketinggian lebih dari 50 meter, melewati beberapa menara, dan suguhan pemandangan yang indah, perjalanan ke Ngong Ping selama kurang lebih 30 menit jadi tidak terasa. 

Tiba di Ngo Ping Village, terlihat Patung Budha di kejauhan.  Dari sini, waktu tempuh kira-kira 20 menit jalan kaki, mendatar...dan mendaki.

Ngong Ping Village sendiri terdiri dari toko souvenir, restoran, kedai kopi, dan terminal bis.  Saya mampir sebentar, beli kopi buat doping sebelum naik ratusan anak tangga.  Foto di bawah ini, Ngong Ping Village. 

OK, siap-siap...tarik napas...kita naik tangga menuju patung Big Budhha.  Saya hitung, ada kira-kira lima stop point, selain untuk istirahat ambil napas, juga buat foto-foto pastinya...

Akhirnya... sampai juga di atas... foto-foto lagi aaaah...!

Turun dari sana, lebih menyenangkan! Perjalanan dilanjutkan naik bis, menuju Tung Chung, untuk sambung MTR yang akan membawa saya ke Disneyland.

12 comments:

  1. udah lama gak lihat fotonya ningnong...kayaknya tambah cakep deh...

    ReplyDelete
  2. waduh...asyiknya....jalan jalan terus mbak.... oleh olehnya jangan lupa dong....wah lama yah kita tidak bersua di mp nih....

    ReplyDelete
  3. huaaaa cable car Ngong Ping ..xixixxi .....
    mana foto fiireworks di Disneylandnyaa ....???

    ReplyDelete
  4. nunggu cerita disneyland ah....

    ReplyDelete
  5. Waduh Ning.. asyik banget.. pengen juga jalan-jalan ke hongkong.. :) btw kalo makan disana gimana? susah nggak? perasaan kalo mau jalan2 gitu ribet banget sama masalah makan.. hehehe

    ReplyDelete
  6. mbak Ningnong.. pake travel apa backpacker? huhuhu.... gagal ke hongkong nih.. gara2 swine flu, bawa anak2 soalnya...

    ReplyDelete
  7. mba, salam kenal.. mau tanya nih, berhubung mau ke sini utk pertama kalinya, setelah naik cable car itu turunnya langsung di ngongping village ato di terminalnya dulu baru kita bisa jalan kaki ke sana? tks atas infonya.. irene

    ReplyDelete
  8. halo.. turun cable car di terminal, terus jalan kaki sebentar untuk sampai ke ngongping village.. dekat kok jaraknya :-)

    ReplyDelete
  9. Mb, naik ke atasnya itu jauh banget ga sih? Aku mau bawa ibundaku kesana udah sepuh memungkinkan ga ya? Klo enggak ya ga jd ke sini deh. Ga ke musium lilin Mb?

    ReplyDelete
  10. Halo mbak Ani... naik ke atasnya, lumayan lah.. tidak terlalu jauh.. kira2 seperti naik ke candi borobudur :-)

    Ada beberapa stop point, pelataran tempat istirahat... banyak kok orang2 sepuh yang ke sini :)

    Waktu itu gak ke Madam Tussaud museum. Kemalaman tiba di atas, museum sudah tutup :-)

    ReplyDelete
  11. Makasih ya Mb, udah dijawab. Rencana kesana tp cuma punya waktu keliling jumat dini hari sampe minggu siang. Kira2 bisa kemana ajah tuh. Mb punya email ga? Tlp. nya aku catet yah, nanti klo nanya2 jangan kaget, abis bawa Ibu, jd hrs mikirin kekuatan blio juga.

    ReplyDelete