Wednesday, February 28, 2007

Yogya - Solo, singgah di Bakmie Godog Bu Citro

Aku masih punya agenda sendiri, diluar kopdaran dengan Mom TJ dan MPers Yogya.  Yaitu, menuju kota Solo, untuk makan-makan dan jalan-jalan.


Jadi, dari Dapur Desa kami (aku, Haley, Jo Beruang) meninggalkan Yogya menuju Solo, naik Fiat Uno Biru punya Haley.  Jam 8 malam kami meluncur ke Solo.  Dengan kecepatan rata-rata 70 km/jam, kami  tiba di Solo jam 09:30.  Kami hanya singgah di satu tempat, yaitu di toko oleh-oleh di jalan raya Yogya-Solo, untuk membeli air mineral.


Ada kejadian lucu sewaktu mesin mobil berulang kali mati. Awalnya, aku & Jo melihat posisi nyetir Haley aneh dan terlalu maju.  Kursi distel sampai mentok ke depan, dan senderan punggung dibuat tegak.  Tubuh yang terlalu tegak akan membuat Haley cepat capek.  So, aku bilang,” coba deh, kursinya dimundurin sedikit”.  Bukannya tambah nyaman, injekan kopling Haley jadi terasa ndak mantep dan kurang dalam.  Jadinya mesin mobil sering mati ketika di rem.  Setelah terjadi berulang kali, kami sama2 bilang: oooh berarti kursinya memang harus maju!   Eh, betul saja!  Setelah kursinya dimajukan, mesin mobil tidak lagi mati dan kami sukses meluncur ke Solo.  Jo & aku cekikikan terus bila mengingat peristiwa mesin mati ini.  Huehehehe ternyata tempat duduknya harus distel sampe mentok maju buat Haley.  


Kami tiba di Solo jam 09:30, dan langsung menuju warung Bakmie Godog Bu Citro.  Kami pesan 1 porsi bakmi godog, 1 porsi nasi goreng, dan 3 gelas teh manis hangat.  Bakmi godog bu Citro ini sudah pernah direview oleh Haley.  Mie basah, digodok bersama sayuran kol, sawi, dan telor bebek, plus beberapa suwir ayam.  Rasanya segar, dengan aroma kaldu ayam yang kuat.  Tidak ada sedikitpun bau anyir dari telor bebek.  Enak dimakan selagi panas, dengan tambahan irisan cabe rawit.  Menurutku, rasanya tidak terlalu istimewa. Hanya membuatku sedikit bernostalgia pada bakmie godog yang dulu lewat depan rumahku.


Nasi gorengnya juga biasa saja.  Manisnya kecap terlalu dominan, menurutku.  Oiya, kecap yang dipakai ini diukur sebanyak 3 sendok makan, untuk setiap porsinya.  Mungkin ada racikan dan bumbu rahasia yang disertakan dalam mangkok berisi kecap.  Si penuangnya, tak lain dan tak bukan adalah cucu Bu Citro sang pendiri warung.


Total kerusakan untuk malam itu adalah Rp 17,000 saja.  J  Murah kan?


Dari warung Bu Citro, kami segera meluncur ke rumah Haley.  Jo Nampak makin parah, dengan flunya.  Kasihan dia… harus segera istirahat supaya cepat sembuh.  Sedangkan aku & Haley, menyiapkan diri untuk petualangan rasa esok hari.

30 comments:

  1. ralat mbakyuuu... itu fiat punyak mbakyukuuu... aku mah "nunut mulyo" ajahhh... kekekeke... *takut ditagih petugas pajak*

    ReplyDelete
  2. walah kebayang 1 porsi nasgor 3 sdm kecap manis? wedah kalau aku bikin kayak gitu buat bamby kebayang protesnya.......
    Inget lagi kemping itu aja kecap manisnya gak sampe 3 sdm buat sekampung eh sewajan gede nasi...
    Tapi gak heran Yogya ya demen manis...

    ReplyDelete
  3. aku ikutan nelen ludah aja ya Ning :-))

    ReplyDelete
  4. habis itu dilanjutin makan gudeg ceker? *nebak.com* :)

    ReplyDelete
  5. ahhhh...gak penting! yang penting sampe solo dengan selamat hueheheheh

    ReplyDelete
  6. kebayang ya mbak, manisnya... aku juga pengen protes, tapi kasihan si Bapak. La dia menuang dan mengukur kecap itu dengan serius :)

    ReplyDelete
  7. kekekek kapan2 kita ke Solo sama2 ya mbak :)

    ReplyDelete
  8. kekekek coba ada kamu, Desh.. tambah seru pastinya :)

    ReplyDelete
  9. heheheh maap :) ayo bikin mie godog & nasi goreng sendiri :))

    ReplyDelete
  10. tebakannya hampir bener... emang rencana mau ke gudeg ceker, tapi udah capek dan ngantuuuukkk :)

    ReplyDelete
  11. say, klo masih di Solo...mampirin ke pasar Karang Pandan..makan sate buntel dan karseng (tongseng goreng)nya Pak Djarot...di jamin...
    ..klo nanti bulan December ada rencana ke Solo lagi..tolong2 bilang2 ya....nanti aku bilang mertua untuk nyisain duren bangkok sebelum dijual....

    sop siiip...bestek pak amat... gudeg bu mari....nasi liwet....kupat tahu di matesih....duh..kangen solo....

    ReplyDelete
  12. Lho Bu Citro sekarang jualan Bakmi? nggak laku gudegnya? :)))

    ReplyDelete
  13. Kapan kita bis ketemu, ya. Enak baca kisahnya. Lain kali aku ikutan! Makan di Bu Citro lagi, ya.

    ReplyDelete
  14. Haiyyaaa... bu dokter iseng banget! Pasien lagi sepi yah? :))

    ReplyDelete
  15. Ketemu? doakan cutiku bulan juli diapprove boss, nanti kita jumpa di sidney :) Tapi kalau kita sama2 ketemu di Solo, tentu saja kita ke Bu Citro :)

    ReplyDelete
  16. Ning, orang jawa tu mang seneng manis ... makanya, orangnya juga rata-rata manis ... he he he ....
    Haleyyyy .... toss dulu yokkk ...

    ReplyDelete
  17. Yoi mbak!!! Kek kita-kita ini kan manisnyaaaa.... kekekke *Toss dulu aaaaahhh!!!*

    ReplyDelete
  18. kami juga waktu kopdaran ke Solo niat ke gudeg ceker yang ada malah pada ngorok....
    biasa dah kecapekan...

    ReplyDelete
  19. bukannya kalau dah manis gak perlu makan yang manis2 lagi ? kayak gw gitu contohnya....*dooooo*

    ReplyDelete
  20. Kalau lihat makanan kenapa ja sayanya jadi lapar. Lihat moenya yg aduhai....

    ReplyDelete
  21. Haiyah.... aku jadi sedih kalau inget bu Citro ini... ndak bisa bersuka cita karena sudah lesu dan loyo sekali... padahal kalau di ingat lagi, mustinya makanan ini enak enak loh... :(

    ReplyDelete
  22. mbaaaaaaaaaa...paling bisa nih manas2-in gue duuuh..ngileeer abisss.. :))

    ReplyDelete
  23. iyah, saya juga... jadi lapar lagi *padahal udah sarapan mie goreng*

    ReplyDelete
  24. sayang sekali kamu sedang tidak sehat ya Jo.. nanti kapan2 kita ke sana lagi, OK?

    ReplyDelete
  25. Ayo, fit! Kapan kamu pulang kampung? nanti kita kopdaran.. jalan-jalan dan makan2 sama2... untuk sementara, kamu ngeces ngeces dulu yaaa hihihihi

    ReplyDelete