Tuesday, October 17, 2006

Ndak Beli, Ndak Ba'a

Kalimat ini sering sekali keluar dari mulut para pedagang di pasar Simpang Padang, Duri, Riau.  Artinya kurang lebih: Nggak beli, ngga apa-apa..


Tapi baru kemarin, pertama kalinya kalimat itu ditujukan ke saya.  Yang bikin hati rada panas, adalah kalimat itu diucapkan dengan nada tinggi, yang artinya si penjual itu marah.


Sebagai pembeli, saya cukup kaget sewaktu mendengarnya.  Kenapa si ibuk penjual marah? Si ibuk adalah penjual bumbu dapur.  Biasanya, saya beli bumbu dapur lengkap (bumbu langko), yang harganya seribu rupiah sebungkus.  Sudah komplit, salam sereh, daun jeruk, lengkuas, jahe, kunir, dan daun kunir.  Masing2 besarnya dua ruas jari.


Kemarin siang saya ke pasar bersama Lenny.  Tiba-tiba saya ingat, jahe saya habis, padahal sorenya ingin masak misoa kuah udang.  Langsung saya hampiri penjual bumbu terdekat, dan saya sodorkan uang lima ratus rupiah.  "Tolong jahenya lima ratus bu," kataku.  Lalu si ibu menyodorkan jahe yang ukurannya lebih kecil daripada yang biasa aku dapat dari bungkusan bumbu langko.


"Dikit kali pun.. tambo lah sikit," kataku lagi..  Langsung ibu itu menarik kembali jahenya.. tapi uangku gak dikembalikan..sambil berucap,"ndak beli ndak ba'a"


Dari Lenny aku tau makna kalimat tersebut, dan kalo si ibu marah padaku..  Apa iya aku keterlaluan karena minta tambah sedikit dari jahe yang dia berikan?  Secara, bumbu langko sebungkus aja harganya seribu.. Mungkin gak harga jahe dalam bungkusan langko itu sendiri udah lebih dari lima ratus? Klo benar begitu, ya wajar doung si ibu marah padaku.    Jadi kangen ama pasar di Jawa... yang penjualnya ramah... dagangannya murah...

28 comments:

  1. Ah Nining ... kayak nggak ngerti aja...! NAmanya mau lebaran, semua orang berebut mengeruk keuntungan yang lebih besar... hehe ...

    ReplyDelete
  2. Pitinyo indak kembali kah? Aduh mak! Klo di Jawa :"Mangga-mangga dipun tumbasi jahenipun ayu-ayu lho sami kaleh njenengan, kencuripun ugi mesam-mesem, awe to dipun punduti!" (Pasar Beringhardjo)

    ReplyDelete
  3. hihihi emang ndak ya say digituin, aku juga sering tuh digituin,,yah apa boleh buat melengos aja pergi kalo udah diplototin begitu..
    tapi yaaah, lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya...:0)

    ReplyDelete
  4. hehehehehe... ngga salah kok minta tambah.. emang si ibunya aja kali lagi spaning..

    disini juga ada kok yang gitu mbak ning.. sabar aja, namanya mo lebaran.. dia pasti juga lagi pusing nyari duit tambahan.

    ReplyDelete
  5. sabar mbak Ning, sabar...namanya jg mo lebaran :)

    ReplyDelete
  6. iya mungkin karna lebaran jadi apa2 naik harganya,,,tapi tetep aja tu ibu judulnya nyeremin heheheheh

    ReplyDelete
  7. kakakak.. pantas apa2 mahal ya mbak :)

    ReplyDelete
  8. pitinya indak kembali do.. ambo dape jahe sekete' sajo.. hehehe belanja di jawa emang enaks :)

    ReplyDelete
  9. Ning sebenernya kamu di jakarta apa di riau, koq kemaren ketemuan ama mba ether "asli binun"

    ReplyDelete
  10. mber.. mesti liat2 kebiasaan setempat :)

    ReplyDelete
  11. iya sabar sabar... untung kemarin cepat reda marahnya.. soalnya aku malah ketawa begitu tau, kok dia ngambil barangnya tapi duitku gak dikembalikan? akhirnya aku balik lagi dan ngambil jahenya sedikit... yah, namanya orang jualan kan gak ada THR ya mbak.. masih beruntung kita ini... :)

    ReplyDelete
  12. iyah... makasih ya.. duuh, jangan sampe deh puasanya cuma dapat lapar dan haus :)

    ReplyDelete
  13. tapi kenapa ya kalo lebaran apa2 jadi naik harganya? hehehe *masih gak terima*

    ReplyDelete
  14. kikikiki... binun ya? aku kerja di duri, riau. Tapi klo cuti pulang ke rumah ibu di jakarta. kemarin ketemua mbak esther pas aku ada acara di kantor jakarta. Masih binun gak?

    ReplyDelete
  15. ooooooooo gitu tho, dah ga binun sekarang, kekekekkekeke.......lah kerja jauh amat sampe nyasar ke riau :) btw aku punya sahabat baik dulu jaman kuliah, dia di riau skg sayang ga ada kontak lagi :((

    ReplyDelete
  16. Hehehe...ibu itu jadi ngerampok kecil kecilan ya..
    Amaal ...amaal...
    Sabar ya

    ReplyDelete
  17. di kota apa? namanya siapa? klo dia di Duri, bisa lah dicari.. duri kan kecil say hehehe

    ReplyDelete
  18. hehehe jangan2 aku kurang beramal kali ya :)

    ReplyDelete
  19. kekekekkk... harusnya suruh Lenny yang nawar.. jangan mbak Ningnong...

    ReplyDelete
  20. iya juga... klo Lenny yang nawar kan bisa keluar jurus2 m****gnya.. hehehe

    ReplyDelete
  21. kali ibu tuh lagi pre menopause kayak gw kali....makanya pemarah

    ReplyDelete
  22. mba jangan jangan sekretaris kantor pusat yg suka ngomel ngomel ama ngedumel juag pre manapose kali yah, makanya suka banget bentakin gw, hiksssssssss

    ReplyDelete
  23. biasalah... kalau kita dulu sekolah lihat kepsek perempuan yang umur2annya kayak gw sekarang marah2 , baru paham daku... ooo pantesan... ha ha ha

    kali iya juga tuh... gawat kok pre mnps itu, bikin suasana hati kaco....kalau gak hati2 bisa pemarah....

    ReplyDelete
  24. iya kali tuh mba, abis dia itu pemarah bgt, istilahnya kesenggol dikit langsung ngamuk, halah aku mah bete banget ama dia, sekarang aku jaga jarak ama dia, males jutek an :((

    ReplyDelete
  25. aku heran di Malaysia...... makin dekat lebaran,harga makin turun..... nggak ada lonjakan berarti........ jadi ya tentrem ayem.........

    ReplyDelete
  26. heheh..lucu ya. Galak banget si ibu itu. Jadi inget di Bali rata2 kios2 baju Bali dan suvenir juga gitu loh. Jangan pernah nawar kalo nggak niat beli...nanti "disemprot" penjualnya..hehe

    ReplyDelete
  27. Nining, jadi ingat dan kangen suasana pasar di Simpang Padang, pagi-pagi di jl. Sudirman dekat parkiran biasanya ada yg jual lontong sayur yg rasanya enak sekali, udah coba?

    ReplyDelete
  28. aduh kasian yah mbak nining..........yang dagang orang mana sih mbak.............

    ReplyDelete