Sunday, October 1, 2006

Permak Abis (part 1)

Salah satu agenda cuti kemarin adalah ke dokter gigi, untuk pasang kawat permanen (brace).  Sampe jakarta kamis siang (tgl 21), malamnya langsung ke drg Medianto, langganan kita dari jaman dahulu kala.  Di sana, gigiku langsung di cetak, dan drg Medianto kasih surat pengantar untuk rontgen gigi.


Jumat pagi (Sep 22), ke RSI Bintaro, rontgen gigi, dan 10 menit kemudian udah dapat hasilnya.  Jumat sore, aku ketemu sama mas Wahono (asisten drg Medianto) untuk menyerahkan hasil rontgen dan dibuatin janji ama drg Ria Medianto (spes. Orthodontics, drg Medianto's wife).


Senin sore (Sep 25), aku ketemu drg Ria.  Aku belum pernah ketemu dia sebelumnya.  She's nice and cute.. soalnya kecil mungil, jadi keliatan awet muda   Kita diskusi dulu ttg hasil rontgen dan cetak gigi.  Ketauan kalo problem utamanya adalah less space, jadi banyak gigi tapi kurang ruang.. nah lho?  bingung kan.. sama dong!  aku juga...  belom lagi, gigi geraham paling belakang yang tumbuh terakhir ternyata tidak muncul ke permukaan.  Akarnya tumbuh horizontal dan mendesak akar2 gigi didepannya... drg. Ria bilang, 3 bulan lagi aku harus dioperasi untuk ngambil 2 gigi geraham yang tidak muncul ini.  Kalau tindakan ini tidak dilakukan, maka pemasangan brace akan sia-sia karena akar yang tumbuh horizontal tetap akan mendesak akar gigi gigi didepannya. Hiiii, seremmmm...   Selain itu, untuk pemasangan brace ini, 4 gigiku (selain geraham bandel) harus dikorbankan guna memberi ruang dan membuat rahang atas bawah allign. Tapi itu akan dilakukan hari rabu.  Hari senin, baru dipasang 5 buah separator, untuk memberi ruang buat ring yang akan dipasang sebagai jangkar.


Rabu sore (Sept 27), jadwal cabut gigi dan pasang ring. Kebetulan aku lagi ngga puasa, jadi bisa deh cabut hari ini.. 2 gigi kiri, 1 atas & 1 bawah dicabut.  Proses pencabutannya cepat dan tidak sakit, karena dikasih bius lokal.  Tapi yang bikin pening kepala adalahhh....ring yang dipasang! maaakkk, gigi dan rahang jadi puegeelll banget rasanya!


Jumat (Sept 29), jadwal pasang brace.. keuekekeekek... cepet dan rapi banget kerja drg Ria.  Aku pilih warna biru & pink buat karetnya   Udah mulai terasa cenut-cenut , padahal aku dah beli donat J Co buat buka puasa.  Walhasil, aku buka pake bubur sumsum aja.


Info yang kudapat dari kawan2 yang pernah pakai kawat, cenut-cenut ini akan berasa selama kurang lebih 2 minggu - 1 bulan.  Wakakakaka... Alhamdulillah, itung2 diet nih.. karena selain lagi puasa, aku juga jadi gak doyan makan   Sampe hari ini, aku cuma bisa makan bubur, tahu rebus, dan pisang...



gambar dari sini

44 comments:

  1. walah yang mau rapi giginya, banyak banget pengorbanannya, tapi hasilnya nya ntar pasti oke....
    tabah ya Ning... kasihan puasa2 pake acara senut2....

    ReplyDelete
  2. biar sakit yg penting caem ya mbak, hidup Permak! hehehe

    ReplyDelete
  3. bersakit dahulu bersenang kemudian ya.....

    ReplyDelete
  4. hiks iya mbak.. harus ditabah2in.. kalo senut2 buru2 cari air es buat kumur2

    ReplyDelete
  5. insya Allah... biar rapi aja si :) hidup permak!

    ReplyDelete
  6. hiks.. sakitnya 1 bulan di awal, tambah seminggu tiap kali ganti karet (sebulan sekali).. dan ini berlangsung selama minimal 1 tahun.. huhahaha, mau cakep aja pake sakit dulu :)

    ReplyDelete
  7. hehehe ....2 minggu lah ...gigi berasa lemasssss.......plus ileran .... masa-masa itu sudah lewat buatku ... makan krim sup ajah ... tinggal telen ...hehehe...aku tinggal 10 bulan lagi nih ....

    ReplyDelete
  8. ..bukan cuma sakit karena giginya ditarik2, tapi setiap kali gigi bergeser dan mulut tersentuh bracesnya, pasti jadi luka2 dan sariawan...wkt pertama kali pakai braces, aku turun 7 kg..hehehee..asik ya..tapi setelah 15 bulan pakai, aku kembali gemah ripah loh jinawi..hahahhaa.....nikmati pakai braces di Indonesia...dulu di Jkt, cuma 300ribu utk kontrol dan ganti karet, skrg di US??...120 dollar utk 1 side doang!!! ....alias atas or bawah doang... Tapi sbnrnya sih sama aja, krn di Indonesiakan gue harus bayar pesawat Pku-Jk v.v juga...pergi ke jkt sabtu pagi, pulangnya minggu pagi..

    ReplyDelete
  9. siiplah!!!
    ayo donk say..pengen liat si gigi setelah didandanin kawat..;)

    ReplyDelete
  10. hihihi beberapa kali aku kebangun malam karena ileran, ternyata aku mangap tidurnya... wah, boleh juga tuh makan krim sup, pake roti dicemplungin ke dalamnya sampe empuk, tinggal telen aja.. :) 10 bulan masih lama, yan.. emang udah berapa lama pakenya?

    ReplyDelete
  11. Niiiiiiiing. sorry kemaren ketemuan cuma sebentar.Soalnya gue udah di BP dari jam 2.30. Makasih banyak oleh-olehnya. Daaaan lo tambah cantik dan funky dengan bracelet pinknya. Trust me! Tuing...

    ReplyDelete
  12. inaaa... gue baru mau PM elo, and curhat soal braces ini.. iya sariawannya mulai muncul nih, tapi aku kumur2 antiseptic aja tiap abis buka & sahur..mayan membantu. Gue dapet kontrol gratis, soalnya suami si bu dokter kawan lama keluarga.. tapi ya sama aja jadinya nanti, karena gue kudu bolak balik ke jkt buat kontrol...

    ReplyDelete
  13. nanti ya... aku belon foto tampilan barunya :)

    ReplyDelete
  14. kekekekeke... elo menghibur gue yang lagi ngilu2 ya? :)

    ReplyDelete
  15. hahh? lama pisannn... berarti elo bakal pakai selama 2 tahun yan?

    ReplyDelete
  16. Amiinnn... secara aku lagi pengen diet tapi susah nahan napsu makan :)

    ReplyDelete
  17. wakksss kok langsung dicabut :P hehehehe tapi gpp lha , masing2 dokter gigi caranya beda sih :) aku sakitnya cuma 1 hari aja dan malah nggak bikin kurus niyy hiks hiks

    ReplyDelete
  18. kok kayak kangmasku ya hehehe... tapi problem blio bukan karena mau rapih, tapi gigi blio dah rontok semua huehuehue...suka ngiri sama gigiku yang asli semua. sweet tooth sih blio. gila2an sweet toothnya. tapi gigimu ga rusak kan ning?

    ReplyDelete
  19. Hiy serem, mau cantik harus pake dicabut dulu 2 giginya. Ngebayangin sakitnya setelah gigi dicabut. Tapi kalo udah dipasang kawat gigi emang jadi rapi banget tuh giginya. Keponakannku yang giginya acak kadul juga sekarang jadi rapi jali. 2 tahun lho belum dicopot.

    ReplyDelete
  20. gak usah sakit kalo bisa Len.. dan kamu kan udah kuyuss..hehehe

    ReplyDelete
  21. ngga mbak... makanya bu dokter rada berat hati juga harus cabut gigi yang sehat.. tapi mau gimana lagi, tetep harus dicabut karena untuk merapikan gigi perlu ruang yang cukup

    ReplyDelete
  22. dicabutnya gak sakit, mbak... malahan setelah dipasang kawat, jadi sakit dan linu2... cenut2... pooolll

    ReplyDelete
  23. ho oh ...hehehe .... duah rapi si ...cm belum rapet bener hehehe ....jadi sabar menanti ...

    ReplyDelete
  24. Huweeeee.... giginya dipageri biar gak dicuriii :D

    ReplyDelete
  25. waaa... lama ya... *aku tak sabar menanti*

    ReplyDelete
  26. say..kamu ke sini dong...! lagi ngilu nih... jadi pengen jitakin orang huehehehe

    ReplyDelete
  27. Hahahah... klo cuman dijitak gpp deh, asal jangan digigit... ntar nyangkut di pager gimana? *ngacirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr*

    ReplyDelete
  28. serem amat yaaaaaa.........aku nggak kuat bayangin nya ach........hiyyyyyy

    ReplyDelete
  29. Waduuhh...pengorbanannya sebesar itu kah..alamakk....tapi pasti nanti hasilnya ruaarrr biasa doongg....tabah ya...sengsara membawa nikmat critana :-)))

    ReplyDelete
  30. I hate dentist! hehehehe...tapi enggak bisa menghidari darinya :(

    ReplyDelete
  31. kalo dah beneran turun 15 KG, gue pasang kawat juga ah, mbak...:-D

    ReplyDelete
  32. Tips : Kalo pilih karetnya, pilih yang berwarna....selain keren dan trendy, kita juga jadi bebas makan rendang, kari, gule, sate padang dan makanan lain yang ber-kunyit.....kalo pake transparan atau putih...trus makan kari atau gule... semua karet bakal jadi kuning!!!!! .....percaya deh!! soalnya gue mengalaminya..hahahahaaa.....setelah itu, gue pake biru, ungu, orange, pink, merah...;-)))

    ReplyDelete
  33. wakakaka gue pake pink & biru muda, Na.. selang seling gitu :)

    ReplyDelete
  34. aku juga benci... walau kadang rindu *kalo gigi ada yang cenut2*

    ReplyDelete
  35. belom ada seminggu pake kawat, gue udah turun 2 kg :)

    ReplyDelete
  36. aihhhh :D mau donk bisa turun 2 kg :P aku malah naik niyyy ....

    ReplyDelete
  37. kikiki... elo tambah doyan makan kali... gue makan bubur terus sampe hari ini :)

    ReplyDelete
  38. iseng... ini niatnya mo rapiin gigi, ato mo diet sih? wakakakakk

    ReplyDelete